Tips Investasi: Koleksi Barang Asli untuk Investasi

Anda ingin berinvestasi dengan peluang untung yang tinggi? Caranya mudah. Pastikan bahwa barang investasi tersebut mempunyai nilai yang semakin hari semakin meningkat. Saat ini, ada beberapa macam barang yang sering dijadikan sebagai barang investasi, seperti properti, tanah, atau emas. Anda tentu sudah tidak heran jika harga tanah dan emas semakin meningkat. Dapat dikatakan, harga kedua barang tersebut tidak pernah ada turunnya.

Namun ternyata, saat ini tidak hanya dua barang tersebut dapat dijadikan sebagai barang investasi. Barang koleksian Anda pun bisa menjadi ladang emas bagi Anda, jangan salah investasi tas pun sangat mungkin. Namun, tentu saja bukan sembarang barang koleksi yang bisa dijadikan investasi. Ada syarat tertentu yang harus dipenuhi, yaitu barang koleksi tersebut haruslah branded dan original, alias asli, tidak palsu.

Saat ini, investasi jenis ini sekarang sedang marak dilakukan oleh para selebriti. Hanya sayangnya, bukan perkara mudah mendapatkan barang asli. Jika tidak mengetahui tipsnya, bisa jadi barang yang dibeli dengan harga tinggi tersebut merupakan barang palsu. Nah, untuk menghindari hal tersebut, berikut ini beberapa tips yang harus dilakukan untuk mendapatkan barang asli, sekaligus cara menginvestasikannya.

# Tips Mendapatkan Barang Asli sebagai Investasi

Untuk setiap barang koleksian Anda, pastikan keasliannya dengan menerapkan beberapa tips berikut sehingga layak dijadikan sebagai barang investasi:

1.  Mengenali Brand yang Banyak Diminati

Jika Anda ingin menjadikan koleksi barang mewah Anda sebagai investasi, beli barang branded yang banyak diminati masyarakat. Dengan begitu, pada saat Anda harus melepasnya, entah untuk berbisnis maupun kebutuhan finansial, barang Anda tetap menjadi selera bagi banyak orang. Harga yang ditawarkan juga tetap tinggi meskipun barang asli tersebut sudah lama. Bahkan bisa jadi, jika barang tersebut masuk dalam barang langka, harganya justru melambung lebih tinggi daripada saat Anda membelinya.

2.  Cek Dokumen Resmi yang Dimiliki

Sebuah barang branded asli sudah pasti mempunyai dokumen resmi tentang jaminan keaslian barang tersebut, seperti sertifikat. Pastikan dokumen tersebut ada di setiap barang yang Anda beli dan dijadikan sebagai investasi. Simpan baik-baik dokumen tersebut dan gunakan untuk meyakinkan orang lain tentang keaslian barang yang Anda miliki pada saat menjual kembali barang tersebut.

3.  Cek Harga yang Ditawarkan

Sebuah barang branded asli mempunyai harga yang cukup tinggi. Oleh karena itu, waspadalah jika ada penjual yang memberikan harga murah untuk barang yang diakuinya sebagai branded asli. Bisa jadi itu merupakan barang palsu. Dalam  hal ini, Anda perlu mencari tahu harga standar dari barang branded yang ingin Anda beli.

Anda bisa melihat dari beberapa website penjual barang tersebut atau bertanya dengan beberapa sahabat atau keluarga yang sudah mempunyai barang dengan merek tersebut. Tidak perlu sungkan untuk bertanya. Toh, langkah ini sebagai proteksi diri dari aksi penipuan yang banyak dilancarkan penjual online yang tidak bertanggung jawab.

4.  Rawatlah dengan Baik

Membeli memang bukanlah perkara sulit jika mempunyai finansial yang cukup. Namun, merawatnya agar tetap tampak baru dan bersih, inilah yang sulit. Dibutuhkan ketelatenan dan kerajinan Anda sebagai pemiliknya. Jangan biarkan debu atau kotoran menodai penampilan barang koleksi Anda tersebut. Jika Anda termasuk orang sibuk, tidak ada salahnya menyewa orang lain khusus untuk merawat dan membersihkan barang koleksi Anda.

Dalam hal ini, yang perlu Anda perhatikan adalah cara merawat barang koleksian. Sebab, setiap barang mempunyai karakteristik berbeda dalam perawatannya. Salah dalam merawatnya justru akan membuat barang koleksi Anda menjadi rusak. Ini artinya, nilai investasi Anda menjadi menurun.

# Cara Menginvestasikan Barang Koleksi

Lalu, bagaimana cara investasi barang koleksi ini? Cukup mudah. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan menjualnya atau menyewakannya.

1.  Menginvestasikan dengan Cara Menjual Barang Koleksi

Anda bisa menjualnya kembali semua barang koleksian Anda tersebut saat harga melambung tinggi. Dengan begitu, Anda akan memperoleh keuntungan besar. Namu, saat harga masih stabil atau naik hanya sedikit, tunda penjualannya. Yang perlu Anda lakukan adalah merawat barang koleksi yang sudah ada dan menambah terus koleksian Anda.

Memang, dibutuhkan modal besar untuk ini. Namun, percayalah, pada saat harga barang tersebut naik, Anda akan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda.

2.  Menginvestasikan dengan Cara Menyewakan Barang Koleksi

Selain menjualnya, Anda juga bisa menyewakan barang-barang koleksian Anda. Jangan salah. Saat ini, banyak orang yang ingin menyewa barang-barang branded asli. Mereka tidak terlalu mempermasalahkan harganya. Sebab, sudah pasti lebih murah dibandingkan harus membelinya sendiri, padahal hanya digunakan dalam waktu tertentu saja.

Kondisi ini bisa Anda manfaatkan semaksimal mungkin. Dengan begitu, barang koleksi Anda tetap akan menghasilkan pundi-pundi uang bagi Anda tanpa harus kehilangan barang tersebut. Tentu saja, diperlukan surat perjanjian untuk sewa-menyewa ini, mengingat harga barang koleksi Anda tidak bisa dibilang murah.

Surat perjanjian ini hanya digunakan sebagai pengikat dan penjamin bahwa barang Anda tidak akan hilang dan kembali seperti semula. Anda tidak perlu khawatir masalah kondisi fisik barang. Jika memang barang Anda asli, sudah pasti akan selalu terjaga kondisinya.

Bagaimana? Anda juga tertarik untuk investasi barang koleksi seperti ini? Oleh karena itu, terapkan semua tips di atas agar keuntungan yang Anda dapatkan dapat maksimal seperti yang Anda bayangkan. Tapi, satu hal yang harus selalu diingat dan penting, yaitu, koleksilah barang asli, bukan palsu. Sebab, hanya barang asli yang mempunyai nilai investasi tinggi. Oke, selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *