Koleksi Barang Original VS Koleksi Lahan Bangunan: Hobi yang Menguntungkan!

Ketika Anda ingin memiliki investasi yang mendatangkan keuntungan dalam jumlah besar, akan lebih baik mengkoleksi lahan bangunan di berbagai lokasi. Bagi seorang kolektor pun, daripada koleksi barang original yang mahal, lebih baik koleksi lahan bangunan untuk masa depan, alasannya?

bisnis tanah

Meskipun beberapa barang original yang mahal dan juga langka bisa mendapatkan keuntungan, seperti koleksi sepatu limited edition, tas khusus dan lain-lain, tetapi barang-barang tersebut kurang “umum” untuk dijadikan lahan bisnis.

Berikut alasannya jika dibandingkan dengan berbisnis tanah.

1. Fleksibilitasnya tinggi

Ketika Anda memiliki lahan tanah yang cukup luas dan belum dimanfaatkan untuk membuat rumah, Anda bisa memanfaatkan lahan tersebut untuk hal lain, seperti persewaan lahan parkir, persewaan holtikultur, lahan perkebunan, atau lahan produktif lainnya. Dengan begitu, keuntungan yang didapat akan berlipat ganda.

2. Kenaikan harga cenderung tinggi

Bukan hal yang asing jika memiliki investasi di lahan bangunan, Anda akan mendapatkan keuntungan berlipat, terlebih ketika lokasinya sangat strategis. Pada prakteknya, memiliki lahan bangunan yang masih kosong namun terawat akan menaikkan harga jualnya. Secara umum, harga jual lahan bisa mencapai 20-25% sekitar 6-12 bulan setelah pembelian awal.

3. Minim resiko kerugian

Meski tanah lahan bangunan termasuk komponen properti yang tidak mudah terjual, investasi di bidang satu ini minim kerugian karena kemungkinan untuk kembali modal lebih tinggi. Anda juga tidak perlu menggunakan asuransi untuk melindungi tanah yang akan dijadikan lahan bangunan.

4. Minim biaya perawatan

Ketika Anda hanya memiliki lahan kosong yang belum dibangun perumahan diatasnya, tidak ada biaya perawatan yang perlu Anda keluarkan. Dengan begitu, Anda bisa menghemat biaya investasi yang bisa dialihkan untuk hal lain.

5. Dapat dialihkan ke beragam bisnis selain properti

Ketika Anda memiliki lahan yang akan digunakan untuk membuat bangunan rumah, Anda bisa memanfaatkan lahan yang masih tersisa untuk mengembangkan bisnis selain properti, seperti lahan perkebunan, lahan pertanian, dan lainnya. Dengan begitu, tanah yang dimiliki akan menjadi lebih menghasilkan.

Namun demikian, pada saat Anda ingin mengkoleksi lahan bangunan di berbagai daerah, ada beragam hal yang perlu diperhatikan agar investasi yang ditanamkan tidak berakibat pada kerugian.
Persiapan modal

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah persiapan modal yang akan digunakan untuk membeli lahan. Modal ini nantinya perlu dipastikan asal muasalnya agar tidak berakibat pada kerugian saat lahan yang dibeli ternyata lama terjual. Persiapan modal yang sudah dikalkulasi dengan tepat akan membantu Anda menyiapkan strategi untuk menjual lahan bangunan tersebut di kemudian hari.

A. Tata letak lahan

Ketika Anda ingin meraih keuntungan dalam jumlah besar, pastikan tata letak lahan yang akan Anda beli. Anda perlu memiliki bayangan akan seperti apa lahan yang Anda beli 5-10 tahun yang akan datang. Dengan begitu, Anda bisa menentukan rencana untuk meningkatkan harga jual lahan. Tata letak lahan ini umumnya bisa diperhitungkan dari beberapa aspek, seperti:

1. Jumlah pemukiman penduduk yang terletak didekat lahan bangunan.
2. Kondisi jalan yang ada di sekitar dan tingkat pembangunan yang terjadi.
3. Tingkat keamanan yang dimiliki lahan dan jenis bangunan yang cocok didirikan diatasnya.

B. Kondisi lokasi

Ketika Anda ingin mendapatkan keuntungan dari investasi lahan bangunan di beberapa lokasi, pastikan terlebih dahulu kondisi lokasi yang akan Anda beli. Kondisi ini bisa dilihat dari beberapa aspek, seperti:

    • Kontur tanah yang memungkinkan lahan tersebut bebas dari ancaman bencana tanah longsor, banjir, atau bencana lainnya.
    • Keberadaan daerah resapan air atau kondisi perairan di lingkungan tanah, sehingga ketika nantinya dibangun perumahan, pembeli dari perumahan yang dibangun tidak akan kesulitan dalam hal memiliki air.
    • Kemudahan kendaraan untuk memasuki lokasi tanah bangunan yang akan digunakan untuk investasi pembangunan perumahan atau lahan bisnis lainnya.

C. Kelengkapan surat

Hal lain yang perlu dipikirkan saat Anda lebih memilih mengumpulkan investasi lahan dibanding benda replika adalah kelengkapan surat tanah. Kelengkapan surat yang Anda miliki dari pemilik sebelumnya akan meningkatkan harga jual sekaligus kepercayaan dari pembeli yang datang. Pada saat mendapat kelengkapan surat, pastikan juga surat yang dimiliki tidak dalam kondisi sengketa.

Sebelum lahan bangunan yang Anda miliki berpindah tangan, pastikan Anda tahu kapan waktu perpanjangan setiap surat yang dimiliki agar tidak ada denda yang perlu Anda bayar.

D. Pengelolaan investasi

Ketika Anda lebih berminat pada investasi lahan, pastikan dulu pengelolaan investasi yang akan Anda terapkan. Hal ini karena lahan tanah termasuk investasi likuid kecil. Ketika tidak ada pembeli yang tertarik untuk membeli tanah bangunan yang dimiliki tentu keuntungan besar yang diinginkan tidak bisa segera didapatkan. Itu sebabnya, persiapan manajemen resiko selama pengelolaan juga akan dibutuhkan.

E. Tujuan pembelian lahan

Saat Anda sudah berniat untuk membeli lebih dari satu lahan bangunan, pastikan Anda sudah memiliki tujuan pembelian bangunan dan pangsa pasar yang dituju. Hal ini untuk menentukan strategi penmasaran yang akan dipakai, agar lahan yang sudah dibeli cepat laku. Jika Anda tidak memiliki pangsa pasar maupun tujuan beli lahan yang jelas, akan lebih baik minat untuk membeli lahan dalam jumlah besar diurungkan terlebih dahulu, agar kerugian yang mungkin timbul tidak terlalu banyak.

F. Kesiapan resiko

Meskipun investasi lahan bangunan termasuk investasi yang menguntungkan, namun jika tidak direncanakan dengan baik bukan tidak mungkin justru kerugian yang akan didapat. Oleh karena itu, pada saat membeli lahan pastikan Anda sudah siap terhadap segala jenis resiko yang mungkin terjadi. Pemberian pengertian pada calon konsumen juga penting untuk meyakinkan calon konsumen dalam membeli lahan bangunan yang ditawarkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *