Kelebihan Membeli Barang Asli Dibandingkan Barang KW

Saat ini, selain barang asli, banyak sekali barang tiruannya. Terlebih jika barang asli tersebut mendapat tempat di hati masyarakat dan menjadi idola sebagian besarnya. Sudah dapat dipastikan, tidak berapa lama kemudian, muncullah barang KW-nya. Tentu saja harga yang ditawarkan jauh banget dibanding harga barang aslinya.

sepatu-nike-original

Bisa dibilang banting harga. Sayangnya, sebagian masyarakat yang tergoda untuk memiliki barang asli (branded), namun tidak mempunyai finansial mencukupi, akhirnya lebih memilih barang KW. Alasan klasik yang biasa dikemukakan adalah harganya yang jauh lebih murah, namun tetap mendapatkan gengsi.

Padahal, jika dikaji lebih mendalam, justru barang aslilah yang lebih murah dibanding barang KW jika dikaitkan dengan keawetan barang tersebut. Belum lagi keuntungan lain yang bisa diperoleh dengan penggunaan barang asli. Nah, bagi Anda yang masih senang menggunakan barang KW, simak beberapa fakta berikut ini yang menunjukkan bahwa mempunyai barang asli justru mendapatkan banyak kelebihan.

1. Anda Menghormati Kreativitas Orang Lain

Barang KW sama artinya dengan barang hasil jiplakan barang lain, namun diaku sebagai merek berbeda. Kejadian ini tidak jauh berbeda dengan plagiatisme tulisan, yang pada intinya mengakui produk lain sebagai kreasi sendiri.

Nah, bayangkan jika produk Anda yang dijiplak dan diakui sebagai produk milik orang lain. Apa yang Anda rasakan? Tidak rela, bukan? Anda akan merasa hasil karya Anda tidak dihormati dan tidak dihargai. Itulah yang terjadi dengan pembuat barang asli sebuah produk. Jika Anda menolak barang KW dan lebih memilih barang asli, artinya Anda sangat menghormati hasil karya orang lain.

2. Barang Asli Lebih Berkualitas

Jangan percaya jika ada produk KW yang menyatakan bahwa kualitasnya sama dengan barang asli. Di mana pun juga, spesifikasi dari barang asli yang menjadi rahasia keunggulan produk tersebut tidak akan dapat disamai orang lain.

original-tas

Sebab itulah, harga barang asli lebih mahal daripada harga barang KW yang hanya menggunakan spesifikasi apa adanya. Pada umumnya, hanya penampakan fisik saja yang hampir menyerupai barang asli. Sementara, jika dilihat dari kualitas bahan maupun keawetan barang KW sangat jauh di bawah barang asli.

3. Harga Barang Asli sebenarnya Lebih Murah

Mungkin, Anda tidak percaya dengan pernyataan ini. Namun, coba kaji lebih mendalam. Jika dilihat dari harga yang diterapkan memang barang asli jauh lebih mahal daripada barang KW. Hal ini berkaitan dengan kualitas bahan yang digunakan, yang pada ujungnya berimbas pada keawetannya.

Sebagai contoh, harga barang asli sebuah produk Rp5.000.000,00, sementara disebuah toko online, harga barang KW-nya hanya Rp1.000.000,00. Namun, baru dua bulan, barang KW sudah mengalami kerusakan sehingga perlu beli barang baru lagi.

Sementara, barang asli tidak mengalami kerusakan apa pun meski digunakan hingga beberapa tahun kemudian. Jika dinominal, jelas harga barang asli lebih murah daripada barang KW.

4. Barang Asli Akan Menjadi Antik, Barang KW Akan Menjadi Rongsokan

Pada umumnya, sebuah barang akan mempunyai nilai turun dari waktu ke waktu, terlebih barang konsumtif. Begitu juga barang KW. Semakin lama, barang KW hanya akan menjadi rongsokan yang tidak bernilai lagi.

Berbeda dengan barang asli sebuah produk, misalnya tas branded. Semakin langka barang branded asli tersebut, akan semakin mahal harganya.

5. Barang Asli Dapat Diinvestasikan

Ini merupakan dampak dari kelebihan sebelumnya. Jika sebuah barang dari hari ke hari justru semakin tinggi nilai harga jualnya, ini artinya Anda bisa menjadikannya sebagai investasi. Saat ini, memiliki barang branded tidaklah rugi.

Jika Anda dapat merawatnya dengan baik, Anda bisa menyewakannya kepada orang lain. Semakin meningkatnya gaya hidup manusia, membuat mereka tidak segan untuk mengenakan barang bermerek meskipun hanya menyewa. Gunakan peluang ini sebagai ladang pendapatan Anda.

6. Barang Asli Lebih Bergengsi

Selain membuat Anda tampil keren, mengenakan barang asli juga dapat menaikkan reputasi Anda. Tidak dapat dipungkiri, saat ini masyarakat sudah lebih pandai dalam melihat perbedaan barang asli dengan KW.

Meskipun secara fisik tampak seperti barang asli, orang dapat melihat bahwa barang yang Anda kenakan sebenarnya hanyalah barang KW. Ini artinya, Anda sendirilah yang akan menggiring opini publik bahwa Anda tidak mampu membeli barang asli namun menghalalkan segala cara dengan mengenakan barang KW.

Padahal, saat melihat barang tersebut merupakan barang KW, apa yang Anda kenakan tersebut menjadi tidak bernilai sama sekali.

7. Lebih Baik Mengenakan Barang Second tapi Asli daripada Barang Baru tapi KW

Ini prinsip orang pandai namun hanya mempunyai budget minim. Dengan membeli barang asli tapi second, Anda bisa memperoleh harga yang sedikit lebih miring, meskipun biasanya tetap lebih mahal daripada harga baru barang KW. Namun, jika dilihat dari kualitasnya, barang second namun asli tetap lebih unggul daripada barang baru tapi KW.

Dari uraian di atas, masih ingin Anda membeli barang KW lagi? Bukannya menganggap semua barang KW tidak bernilai, namun membeli produk KW justru membuat Anda akan merugi secara halus. Mungkin, Anda tidak akan merasa bahwa Anda dirugikan. Bahkan, banyak promosi yang justru membuat Anda menjadi ketagihan untuk membeli barang KW.

Oleh karena itu, semua tergantung dari hati nurani Anda. Artikel ini hanya menyebutkan beberapa saja kelebihan membeli barang asli dibandingkan barang KW. Anda bisa merasakan sendiri kelebihan lainnya dengan membuktikan sendiri untuk membeli barang asli daripada barang KW. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *