Beberapa Alasan Mengapa Membeli Tanah Lebih Menguntungkan Dibandingkan Perhiasan

Tahukah Anda tentang investasi antara tanah dan perhiasan (emas)? Ingin mengetahui apa saja yang dijadikan beberapa alasan mengapa membeli tanah lebih menguntungkan dibandingkan perhiasan? tapi tanah dan perhiasan keduanya merupakan investasi masa depan yang menjanjikan.

investasi emas tanah

Investasi dibutuhkan banyak orang untuk menjamin kehidupan dalam jangka waktu yang panjang. Namun masing-masing dari investasi tanah dan perhiasan memiliki kelebihan dan kekurangan. Tentunya ada yang lebih menyukai investasi tanah dibandingkan dengan investasi perhiasan, dan sebaliknya. Disini, anda akan mengetahui berbagai alasan pembelian tanah itu lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan membeli perhiasan.

1. Memiliki Capital Gain yang lebih tinggi

Salah satu alasan mengapa pembelian tanah lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan pembelian perhiasan adalah memiliki Capital Gain yang lebih tinggi. Capital Gain ini dapat mencapai prosentase 20 sampai dengan 25 persen. Sehingga harga tanah akan semakin mahal untuk investasi jangka panjang. Hal ini lebih menguntungkan jika Anda investasi perhiasan yang hanya memiliki Capital Gain yang rendah.

Bahkan kebanyakan tanah harganya akan 2 kali lipat lebih mahal dalam jangka waktu diatas 5 tahun. Sehingga Anda jangan buru-buru menjual tanah dalam waktu singkat. Tunggu sampai beberapa waktu agar harga tanah naik. Capital Gain akan semakin tinggi jika lokasi tanah yang Anda beli strategis dan dekat dengan fasilitas umum.

2. Tidak perlu adanya biaya perawatan

Alasan kedua untungnya membeli tanah lebih menguntungkan dibandingkan dengan membeli perhiasan adalah tidak perlu adanya biaya perawatan tanah tersebut. Kebanyakan investasi jangka panjang membutuhkan biaya perawatan agar dapat digunakan di masa depan. Apalagi perhiasan perlu dirawat agar tetap terlihat cantik untuk jangka panjang. Namun berbeda hal dengan tanah yang Anda pilih untuk investasi.

Apabila Anda sudah membeli tanah, tentunya sudah tidak membutuhkan biaya perawatan tanah setiap tahunnya. Hal ini akan menghemat biaya pengeluaran Anda untuk kebutuhan investasi jangka panjang. Anda cukup membersihkan rumput liar yang tumbuh tanpa harus mengeluarkan biaya.

3. Memiliki nilai tambah

Alasan ketika mengapa membeli tanah lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan membeli perhiasan adalah memiliki nilai tambah. Nilai tambah tanah lebih tinggi jika dibandingkan dengan perhiasan. Apabila Anda membeli tanah, Anda dapat menggunakan tanah tersebut sebagai lokasi cluster dengan membagi tanah menjadi beberapa kavling. Biasanya tanah dapat digunakan sebagai perumahan atau toko.

Sehingga harga tanah akan semakin tinggi dan akan dibuat menjadi bentuk perumahan dengan harga jual yang lebih tinggi. Perhiasan hanya digunakan sebagai aksesories saja bagi yang berminat untuk investasi untuk masa depan.

4. Menerapkan prinsip ekonomi

Alasan keempat memilih pembelian tanah daripada pembelian perhiasan adalah menerapkan prinsip ekonomi. Prinsip ekonomi yang dikembangkan adalah semakin banyaknya jumlah permintaan, maka akan semakin tinggi jumlah penawaran. Sehingga tanah yang banyak diinginkan untuk dijadikan sebuah investasi menguntungkan akan lebih banyak dicari orang. Padahal jumlah tanah yang semakin lama semakin terbatas.

Hal ini yang membuat pembelian tanah lebih disukai dibandingkan dengan perhiasan. Walaupun keduanya juga tidak bisa diperbarui. Namun perhiasan memiliki jumlah yang banyak dan jumlah orang yang akan investasi tidak sebanyak jumlah perhiasan tersebut.

5. Hanya membutuhkan modal yang kecil

Alasan selanjutnya mengapa pembelian tanah lebih mengutungkan jika dibandingkan dengan pembelian perhiasan adalah hanya membutuhkan modal yang kecil. Tentunya modal untuk investasi modal perhiasan lebih mahal jika dibandingkan dengan modal pembelian tanah (untuk mendapatkan untung).

Karena bahan yang sulit didapat membuat harganya mahal. Berbeda dengan tanah yang modalnya hanya membutuhkan modal yang kecil dan tidak besar. Anda bisa investasi lahan dengan luas tanah yang terbatas. Sehingga Anda juga tidak perlu membutuhkan modal yang besar jika awalnya dapat membeli lahan tanah yang tidak terlalu luas.

Lahan tersebut dapat Anda jadikan sebagai lahan bisnis atau dapat Anda jual dalam jangka waktu yang cukup lama. Lahan dapat dijadikan sebagai lahan berkebun, ruko, lokasi kuliner, dan lain sebagainya. Sehingga Anda akan kembali modal dan bahkan mendapatkan banyak keuntungan dari hasil penjualan tanah.

6. Dapat diwariskan kepada anak dan cucu

Alasan memilih membeli tanah sebagai investasi masa depan selanjutnya adalah dapat diwariskan kepada anak cucu. Tanah tidak akan menyusut dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Anda dapat memberikan tanah yang sudah dibeli kepada anak dan cucu Anda nantinya.

Tanah ini dapat dibangun sebagai tempat tinggal atau bahkan dijual kembali untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Sehingga akan bermanfaat dan menguntungkan di masa mendatang.

Pembelian tanah dapat dilakukan dengan cara yang mudah untuk investasi diantaranya sebagai berikut:

1. Pilih lokasi yang strategis

Lokasi pembelian tanah yang Anda lakukan untuk investasi sebaiknya lokasinya yang strategis. Hal ini akan membuat lahan tanah yang strategis akan semakin tinggi harga jualnya nantinya di masa mendatang.

2. Perhatikan luas dan harga tanah

Sebelum melakukan investasi tanah, Anda harus tau terlebih dahulu luas dan harga tanah yang dibeli. Sesuaikan dengan kondisi keuangan yang Anda miliki. Sehingga nantinya Anda bisa memperkirakan harga jual tanah di masa yang akan datang lebih tinggi dari harga beli tanah sebelumnya.

Mulai sejak sekarang, Anda bisa mulai melakukan investasi tanah dan dapat Anda jadikan sebagai jaminan di masa yang akan datang untuk mendapatkan keuntungan yang besar dari penjualan tanah yang semakin tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *